Kunjungi Bea Cukai Bandara Soetta, Bamsoet Dorong Ekspor Produk UMKM

Kunjungi Bea Cukai Bandara Soetta, Bamsoet Dorong Ekspor Produk UMKM

 

Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet menghargai cara Bea Cukai Soekarno Hatta yang ingin terjun langsung memberi edukasi serta keringanan ke bermacam UMKM untuk mengekspor bermacam produksinya ke luar negeri. Dengan begitu, produk Indonesia dapat banjiri pasar dunia.

“Sejauh ini, kelompok UMKM berkesan takut bermasalah dengan Bea Cukai. Sebab memikirkan akan hadapi kesusahan proses hal pemberian izin export. Dengan terjun langsung ke kelompok UMKM, terutamanya di daerah Banten selaku tempat beroperasinya Lapangan terbang Soekarno Hatta, Bea Cukai Soekarno Hatta sudah menunjukkan diri jika mereka ialah instansi servis khalayak. Bukan instansi dengan izin berbelit-belit. Jadi, UMKM tak perlu takut bermasalah dengan Bea Cukai,” tutur Bamsoet habis berkunjung kantor Bea Cukai Soekarno Hatta, Rabu (11/11/20).

Ikut datang diantaranya Kepala Bea Cukai Soekarno Hatta Finari Manan, Executive General Manajer Lapangan terbang Soekarno-Hatta Agus Haryadi, Vice President Ground Servis PT Garuda Indonesia, Engelin Yolanda Kardinal, serta Kapolres Lapangan terbang Soekarno Hatta Kombes Adi Ferdian Saputra.

Ketua DPR RI ke-20 ini menerangkan, berdasar info Kepala Bea Cukai Soekarno Hatta Finari Manan, UMKM di Banten punyai kekuatan besar untuk ditingkatkan memasuki export. Diantaranya produksi hasil laut seperti lobster, perkebunan seperti kelapa, tekstil seperti batik, sampai bermacam benda kerajinan yang lain.

“Dengan terjun langsung ke UMKM, Bea Cukai Soekarno Hatta sudah tingkatkan keyakinan diri aktor UMKM untuk tembus pasar internasional. Bukan eranya kembali Indonesia banjir barang import. Malah kebalikannya, kitalah yang perlu banjiri pasar dunia sama barang hasil produksi Indonesia,” terang Bamsoet. Togel Hari ini

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini menjelaskan, Presiden Joko Widodo juga keluarkan bermacam stimulan untuk mempermudah aktor UMKM mengekspor barangnya. Diantaranya stimulan PPh Pasal 21, Pendapatan final biaya 0,5 % yang dijamin pemerintahan, stimulan cicilan PPH Pasal 25, sampai stimulan PPN.

“Sejauh ini banyak barang e-commerce di luar negeri yang banjiri Indonesia. Karenanya, pemerintahan keluarkan peraturan bea masuk import barang kiriman lewat e-commerce jadi USD3 atau sama dengan Rp42 ribu per barang. Bea Cukai selaku garda paling depan harus pastikan ketentuan ini dapat tegak. Dengan begitu dapat turunkan import, serta di lain sisi dapat tingkatkan keproduktifan aktor UMKM lakukan export,” jelas Bamsoet.

Beberapa calon penumpang terlantar sebab kemacetan kronis di jalan ke arah lapangan terbang Soekarno-Hatta Selasa (10/11) pagi. Akses jalan ke lapangan terbang dipenuhi massa yang akan menyongsong kembalinya Rizieq Shihab ini hari.